10 contoh interior kantor

Dapat dibilang jika kantor merupakan rumah ke dua buat mereka yang bekerja di kantoran. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar orang yang bekerja di kantor akan menghabiskan waktunya kurang lebih 8 jam dalam sehari. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika para pemilik perusahaan akan mendesain ruangan kantor agar karyawan nya dapat betah berlama-lama di dalam kantor. Saat ini banyak contoh interior kantor yang dapat dinilai kekinian dan nyaman untuk ditempati sebagai tempat kerja.

Interior kantor merupakan suatu area atau tempat yang berada di dalam suatu ruangan yang difungsikan untuk kantir atau tempat administrasi.

Penertian dari interior kantor sendiri adalah suatu perancangan dan rencana interior ruang kantor untuk dapat memecahkan masalah yang ada di suatu kantor dengan memperhatikan ergonomi agar bisa menciptakan suatu ruangan kantor yang nyaman untuk ditempati dan beraktivitas di dalamnya.

Dalam perancangan interior kantor, baiknya anda mengetahui apa dan siapa saja yang akan berada di kantor tersebut. Hal itu merupakan hal yang sangat penting untuk dapat menentukan tata ruang kantor supaya dapat menghasilkan interior kantor yang nyaman.

  1. Desain interior kantor bergaya vintage

Gaya vintage merupakan gaya desain interior yang sangat unik dan banyak yang menggunakan desain interior satu ini. Desain interior kantor vintage sendiri merupakan salah satu desain favorit yang mempunyai dampak yang menakjubkan. Desain vintage akan menambah tingkat konsentrasi. Konsentrasi sendiri akan didapat dengan menggunakan desain interior yang tegas namun tetap memberikan kesan yang tenang dan nyaman. Maka desain interior kantor vintage ini merupakan salah satu desain interior yang tepat jika diaplikasikan untuk nuansa kantor.

  • Unsur desain interior kantor

Ide-ide interior modern vintage tentu akan berlandaskan unsur yang mencerahkan dinding bata. Hal itu dapat diterapkan dengan menggunakan cat berwarna putih untuk dapat menghadirkan kesan yang netral, dan membantu cahaya ke palet dan dekorasi untuk dapat menciptakan ruangan yang unik dengan dinding beraksen putih.

  • Aksen warna

Warna cat putih tidak akan membosankan jika dapat menekankan tekstur dan pola dekorasi yang indah akan lebih terlihat menarik. Cat tembok yang berwarna putih adalah pilihan yang tepat untuk dapat membuat dinding terlihat bersih dan menciptakan interior kantor yang segar.

  • Aksesoris tambahan

Lampu yang ada di meja yang dapat menerangi meja dan bahkan dapat memberikan anda motivasi untuk dapat menyelesaikan pekerjaan anda jika ditempatkan di kantor. Lampu yang modern dan cantik akan menghadirkan perasaan seni yang lengkap ditambah dengan aksen warna yang netral atau putih.

Lampu meja retro mewah yang ideal untuk ditempatkan di samping meja kantor lain. Hal ini akan membuat sentuhan khusus pada dekorasi desain interior kantor anda. Lampu industri ini akan sangat berfungsi karena lengannya yang dapat di perpanjang dan dapat disesuaikan sesuai dengan posisi yang anada inginkan. Lampu ini memiliki tampilan muda dan karismatik. Struskturnya terbuat dari kuningan dan kap lampu yang terbuat dari alumunium.

  1. Desain interior kantor bergaya modern minimalis

Desain interior kantor ini merupakan sebuah desain kantor yang ingin menonjolkan sisi modern tersebut. Gaya modern yang paling banyak diminati dan diterpakan di kantor-kantor saat ini adalah gaya minimalis. Gaya minimalis merupakan konsep desain yang menerapkan bentuk-bentuk sederhana dalam proses pembuatannya, dan juga tema yang dipilih pada desain interior minimalis berorientasi pada kepraktisan, multifungsi, pemanfaatan lahan atau ruang secara sederhana tanpa adanya banayk bidang lengkung, namun tetap akan terlihat elegan.

Ciri-ciri desain interior modern berminimalis diantaranya adalah :

  1. Elemen ruang di desain dengan meminimalkan fungsi elemen dekorasi seperti ukuran

  2. Warna yang digunakan juga merupakan warna-warnayang cerah seperti putih atau krem dengan warna yang seragam dan dihiasi dengan gambar dan ornamen.
  3. Furnitur yang digunakan adalah dengan memilih dengan bentuk dasar seperti garis dan kotak. Dengan menggunakan material sepperti kayu atau baja.
  4. List lantai yang menggunakan desain simple tidak perlu banyak corak
  5. Hiasan yang dipilih dengan menggunakan hiasan lukisan dengan corak abstrak
  6. Pencahayaan dibuat dengan sederhana, tanpa menggunakan lampu hias yang mewah
  7. Biasanya menggunakan wallpaper yang di pasang di dinding yang di tata dengan konsep yang minimalis juga.
  8. Jika ingin menggunakan pencahayaan yang alami maka menggunakan bukaan kaca yang lebar agar cahaya dapat masuk ke ruang kantor tersebut.
  9. Desain interior bergaya klasik

Ciri khas yang dapat dilihat dari desain ini adalah dengan menampilkan kantor yang kokoh, elegan, indah, dan berkesan mewah. Yang menjadi unsur penting dalam desain interior kantor satu ini adalah soal pemilihan warna. Ada beberapa warna yang dapat digunakan sesuai dengan desain gaya klasik diantaranya adalah :

  1. Dengan menggunakan warna biru keabu-abuan dapat memberikan kesan yang lebih terang dan dingin.
  2. Menggunakan warna putih akan menonjolkan kesan gaya kolonial dan victoria
  3. Menggunakan warna tan atau beige akan memberikan kesan yang lebih netral dan inviting.
  4. Warna lain yang sesuai dengan tema klasik adalah warna hitam, hijau, kuning, dan coklat

Selain warna, beberapa ciri dari desain interior klasik diantaranya adalah :

  1. Lantai yang digunakan biasanya menggunakan material marmer, batu alam, kayu, dengan pola geometris.
  2. Di dindingnya menggunakan wallpaper berwarna coklat atau keemasan
  3. Furniture yang digunakan terbuat dari kayu solid yang kokoh dan tahan lama
  4. Untuk hiasanya biasanya menggunakan patung, lukisan dengan bingkai, vas bunga, vas besar, dan lampu gantung kristal
  5. Warna-warna yang menonjol adalah warna alam misalnya coklat kayu, hijau daun, warna tanah dan kuning emas.
  6. Desain interior bergaya kontemporer

Desain interior yang satu ini lebih menekankan pada penggunaan warnaruang. Warna kontemporer yang biasa digunakan adalah warna netral di antaranya warna krem yang lembut, abu-abu, coklat, dan hitam berfungsi sebagai warna latar belakang.

Ciri-ciri desain interior bergaya kontemporer diantaranya adalah :

  1. Menggunakan variasi warna pada dinding, karpet, dan tirai
  2. Pencahayaan menggunakan lampu yang menonjolkan media lain seperti logam atau kaca
  3. Lekukannya lebih lembut jika dibandingkan dengan model modern minimalis dan akan menciptakan kesan lebih hangat
  4. Menggunakan furnitur dengan lelukan lembut dan dibalut dengan kayu, kaca atau logam tanpa menggunakan aksen atau detail.
  5. Desain interior bergaya victoria

Desain interior bergaya victoria ini terinspirasi dari revolusi industri di eropa. Aspek yang ditonjolkan pada desain ini adalah pencahayaan yang menggunakan lampu dinding, dan penggunaan warna dinding yang cenderung gelap seperti emas, hijau, merah tua, hijau tua, dan biasanya menggunakan lantai karpet juga dapat mengunakan wallpaper dan tirai dengan pola daun, ranting, bunga, burung dan masih banyak lagi.

  1. Desain interior bergaya retro

Desain gaya retro mengadopsi desain bangunan yang ada di tahun 1960an san tahun 1970an. Bedanya gaya retro 1960an identik dengan warna-warna yang atraktif dan unsur metalik. Sedangan dengan gaya retro tahun 1970an lebih menggunakan warna-warna terang, cerah dan dinamis. Menggambarkan gaya hidup yang menyenangkan dan penuh dengan gairah.

 Ciri khas yang terdapat pada gaya ini terletak pada pemilihan warna dimana gaya retro lebih memilih warna shoking seperti orange, merah dan biru. Apabila ingin menggunakan wallpaper maka dapat menggunakan wallpaper dengan motif berani. Penempatan pada aksesoris di dalam ruang kator harus memberikan suasana yang nyaman. Untuk pencahayaan dapat menggunkaan lampu dengan gaya vintage untuk memberikan kesan yang dinamis.

  1. Desain interior kantor bergaya modern

Sesuai dengan namanya, interior kantor ini pasti desainnya memiliki tampilan interior modern futuristik. Artinya ruangan di kantor bergaya modern ini akan terus mengikuti perkembangan zaman. Memang kantor bergaya modern cukup nyaman, namun dana yang digunakan untuk membangun kantor ini cukup besar. Pada umunya desain interior kantor bergaya modern di desain rapi sesuai dengan fungsi ruangan, seperti ruangan kaca untuk meeting, ruang kerja semi terbuka dengan menggunakan ruang santai untuk istirahat. selain itu kantor ini juga difasilitasi dengan teknologi modern. Pastinya setiap karyawan yang bekerja di kantor bergaya modern ini akan merasa nyaman.

  1. Interior kantor ala perpustakaan

Salah satu contoh interior kantor yang di desain kekinian adalah kantor ala perpustakaan. Memang akan merasa bosan jika dibayangkan bekerja di dalam perpustakaan yang dikelilingi oleh ribuan buku. Namun interior kantor ala perpustakaan ini berbeda dengan desain interior perpustakaan sekolah. Ruangan kantor selain dimanfaatkan untuk bekerja juga digunakan sebagai tempat penyimpanan buku-buku referensi dan dokumen perusahaan. Karyawan juga akan betah erlama-lama di kantor karena ada waktu santai sejenak untuk sekedar melihat buku-buku yang ada.

  1. Interior kantor bergaya industrial

Sesuai dengan namanya, interior kantor bergaya industrial merupakan konsep desain interior ruangan dengan tampilan seperti bangunan yang belum selesai (unfinished building). Biasanya interior bergaya industri ini diterapkan untuk pabrik industri. Namun kali ini diaplikasikan di ruang kantor. Ciri khas kantor yang bergaya industrial adalah:

  1. Penggunaan meja atau kursi yang memanjang tanpa adanya sekat.
  2. Identik penggunaan perabot dan furniture serba kayu,besi atau baja
  3. Adanya dekorasi lampu gantung pada plafon seperti di dalam pabrik industri
  4. Interior kantor ala kafe

Seiring dengan perkembangan zaman, kafe tidak lagi menjadi tempat duduk santai dan hangout bersama dengan teman saja. Saat ini kafe dapat dijadikan tempat untuk meeting dan bekerja. hal tersebut dikarenakan beberapa orang yang nyaman bekerja di tempat yang terbuka ala kafe.

Beberapa tips mendesain ruangan kantor ala cafe:

  1. Patikan kantor anda menggunakan alat-alat portable sehingga membuat ruangan kerja seperti di kafe
  2. Sisakan space untuk pantry kantor. Pastikan pantry tidak terlalu jauh dengan meja kerja karyawan. Hiasi pantry dengan dekorasi dapur.
  3. Buat ruangan kerja yang terbuka, namun tetap dengan aturan kerja yang berlaku.