Macam-macam interior kantor

Memiliki pekerjaan adalah hal yang wajib yang harus dilakukan manusia agar memperoleh uang ataupun karir agar sukses, namun terkadang sebuah pekerjaan dapat menjadi hal yang sangat membosankan. Ada beberapa orang yang merasa jenuh saat sedang melakukan pekerjaan, hal itu dikarenakan ada beberapa alasan seperti partner kerja yang kurang nyaman, ada di kantor yang memiliki suasana yang gaduh dan tidak nyaman, hingga tampilan ruangan  yang begitu-begitu saja atau monoton.

Interior kantor merupakan suatu area atau tempat yang berada di dalam suatu ruangan yang difungsikan sebagai kantor atau tempat administrasi. Desain kantor merupakan suatu perancangan dan perencanaan interior ruang kantor untuk memecahkan permasalahan yang ada di suatu kantor dengan memperhatikan tata letak agar dapat menciptakan suatu ruangan kantor yang nyaman untuk ditempati.

Desain interior kantor sebenarnya merupakan hal yang penting untuk menciptakan keadaan yang nyaman saat melakukan pekerjaan. Selain akan merasakan rasa jenuh, penataan yang tidak teratur dan semrawut juga dapat membuat akurasi pekerjaan terganggu. Sehingga untuk membuat lancar pekerjaan penting adanya desain yang tepat dalam menata ruang kerja ataupun kantor.

Untuk saat ini model interior yang sedang banyak diminati yaitu model minimalis. Konsep minimalis banyak digunakan karena sifatnya fleksibel dan mudah untuk diaplikasikan dalam temaapapun, jugatidak akan merasa bosan. Untuk anda yang ingin mendesain ruangan kantor sebaiknya anda harus tahu dulu tema apa yang akan digunakan di dalam kantor agar tercipta suasana yang nyaman untuk para pekerja yang akan bekerja dikantor tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa tema desain interior kantor yang dapat anda simak sebagai referensi untuk ruang kerja:

Tema Desain Interior Kantor

  1. Desain kantor bertema rumah pribadi

Semua orang akan merasa lebih nyaman jika berada di rumahnya sendiri, oleh karena itu pemilihan desain interior kantor yang menyusun seperi keadaan dirumah sendiri dapat membawa kenyamanan saat bekerja. Untuk dapat menciptakan suasana rumah anda dapat menambahkan kursi antik model sandaran di ruang tamu kantor. Fungsi dari kursi ini adalah untuk membuat tamu merasa nyaman dan akan mudah lebih terbuka untuk mengemukakan keinginan klien.

  1. Desain interior asri dan tetap modern

Konsep dari bangunan yang modern biasanya identik dengan tingkat kerumitan ornament namun berbeda dengan konsep modern yang akan diaplikasikan pada ruangan yang minimalis. Semua bagian yang ada diruangan akan nampak jelas, mulai dari dinding kaca,  struktur bangunan yang ditampilkan dari rangka baja, desain, juga besar ruangan serta furniture yang membuat aktivitas bekerja lebih aktif dan efektif. Tanaman yang berada diluar kantor juga akan membuat pemandangan yang lebih asri dan nyaman.

  1. Konsep desain kreatif

Seorang arsitektur menggunakan konsep gudang yang diaplikasikan untuk interior kantor, hal itu dimaksudkan sebagai perlambangan untuk mengeluarkan ide – ide dalam gudang dan agar membuat pemikiran kreatif seseorang. Talmpilan ornament yang dibuat seperti box container yang menggambarkan keleluasaan bekerja.

Area istirahat akan dibuat dengan senyaman mungkin dengan menggunakan berbagai furniture yang menarik agar saat sedang istirahat akan membuat suasana menjadi lebih nyaman.

  1. Desain kantor yang berada dirumah

Berbeda dengan konsep rumah di dalam kantor, desain interior kantor untuk rumah tentu harus menyesuaikan dengan ruangan agar lebih efektif. Tingkat kesulitan yang dihadapi untuk membuat desain ini biasanya adalah pemisah antara area kantor yang sifatnya publik dengan area rumah yang lebih privasi.

Beberapa orang yang mempunyai kreativitas dapat memanfaatkan garansi rumah dengan dekorasi ruangan seadanya untuk mengaplikasikan finishing kasar menggunakan material alami. Kelebihan dari konsep desain interior kantor yang satu ini adalah untuk efensiensi tempat yang semakin bertambahnya jaman maka lahan yang ada juga semakin sempit.

  1. Konsep kantor berkarakter alam

Dalam menciptakan nuansa alam pada area untuk bekerja perlu adanya beberapa unsur yang dapat memperkuat tampilan interior alami. Dapat berupa furniture atau ornament seperti kayu balok dan batang kayu besar yang berfungsi sebagai tempat duduk.

Dengan menggunakan penataan lampu dan sistem pencahayaan yang dapat digunakan tidak semata-mata hanya untuk mempercantik tampilan ruangan saja namun juga untuk membuat ruangan akan menjadi nyaman dan tenang sehingga pekerja akan merasa enak saat sedang lembur.

Itu merupakan beberapa konsep – konsep desain interior kantor yang dapat anda terapkan agar terasa nyaman saat bekerja. Perasaan nyaman saat bekerja akan membuat pekerjaan menjadi lebih optimal.

  1. Konsep kontemporer

Konsep kontemporer dan modern kadang dapat saling berhubungan. Namun gaya desain interior kontemporer yang cenderung berbeda dengan gaya modern. Hal yang paling berbeda adalah bahwa ruangan yang berdesain kontemporer memiliki gaya desain interior yang terletak pada beberapa ukiran yang melengkung, hiasan batu bata, serta beberapa pola kayu yang seragam. Umumnya disebut dengan desain kontemporer mengacu pada awal abad ke-20.

Desain ini menggunakan warna- warna yang digunakan biasanya di pusatkan pada satu warna yang menjadi aksen. Biasanya warna yang digunakan yaitu warna – warna netral, grey, krem, dan warna monokrom (hitam putih). Dalam penataan interior kantor jenis ini, pencahayaan memegang peranan yang sangat penting. Pencahayaan yang digunakan untuk memperkuat elemen desain interior kantor yang lain.

  1. Konsep Modern

Modern merupakan istilah yang sangat luas untuk dapat menggambarkan sebuah gaya desain interior yang lebih bersih, biasanya tidak ada tambahan corak, ada juga ditambahkan beberapa unsur kaca, serta mempunyai komposisi warna yang sedikit. Furnitur yang menghiasi di konsep desain interior modern biasanya cenderung lurus, tidak berbelok atau bermotif yang terlalu mencolok. Serta tidak adanya aksesoris tambahan pada setiap furnitur utama pada ruangan.

  1. Konsep minimalis

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama desain interior minimalis. Minimalis mengambil awal dari gaya desain modern yang dikembangkan menjadi lebih sederhana. Karateristik desain interior minimalis biasanya akan menampilkan beberapa warna, tidak mempunyai banyak aksesoris tambahan pada furnitur, memperbanyak ruangan sehingga yang ditimbulkan kesan lega pada ruangan.

Desain ini juga sangat berkembang, hal ini disebabkan tuntutan praktis dalam segala sisi kehidupan termasuk desain interior kantor. Biasanya desain minimalis interior ini menggunakan bentuk-bentuk yang sederhana dalam proses pembuatannya. Agar dapat mendapatkan aksen sebuah ruangan yang ditata dengan konsep minimalis anda dapat mengaplikasikannay dengan menggunakan wallpaper pada salah satu dinding sebuah ruangan.

  1. Konsep desain interior scandinavian

Gaya desain interior scandinavian adalah desain interior yang biasa menghiasi ruangan – ruangan di negara nordik, eropa utara. Scandinavian cenderung menampilkan kesan yang sederhana, tanpa menghilangkan unsur fungsionalitas furniturenya, namun tetap berseni. Karakter lain yang terasa dari gaya desain interior scandinavian adalah pemilihan warnanya yang cenderung putih, hingga abu-abu terang. Tidak lepas juga dari perpaduan warna-warna terang seperti buru laut yang lebih muda, hiaju muda hingga pink muda.

  1. Desain interior kantor bertema klasik

Desain interior dengan menggunakan tema klasik ini banyak didominasi oleh profil dan uraian. Dalam desain interior ini akan memadukan warna-warna yang akan menciptakan suasanatempo dulu yang tetap menawan untuk masa kini. Desain interior ini mempunyai niali estetika dan keindahan serta kesan mewah melekat pada gaya desain ini.

  1. Desain interior kantor dengan tema victoria

Desain interior victoria meruapakan desain dari eropa. Desain ini biasanya menonjolkan ruangan dengan pencahayaan yang baik yang berasal dari lampu ataupun dari lilin – lilin. Warna yang sering ditampilkan di desain interior victoria ini pada dinding kantor dengan menggunakan warna yang gelap, seperti warna merah tua, hiaju tua, dan warna emas. Ditambah dengan menggunakan hamparan permadani di atas lantai yang memberikan kesan elegan dan mewah.

  1. Desain interior kantor dengan tema retro

Kantor yang memiliki desain interior retro lebih memilih warna shoking, seperti warna orange, biru dan merah. Motif geometris yang di kombinasikan dengan desain modern dan juga elemen dekorasi dalam desain retro dapat dilihat pada pemilihan dan penemptan aksesoris di ruangan, seperti lampu, lukisan , vas bunga, dan berbagai bingkai foto. Gemerlap lampu yang bertema vintage juga akan menjadi alternatif untuk memberi kesan yang lebih dramatis.

  1. Desain interior kantor dengan tema bohemian

Gaya bohemian sendiri merupakan wujud dari kebebasan. Tampilan yang dihasilkan yaitu modern dengan koleksi warna warninya. Segala sesuatu yang mencerminkan individualitas adalah bohemian style. Tema bohemian sendiri hadir karena ketidakteraturan dan ketidakpastian. Semua dibuat dengan spontan dengan memanfaatkan benda – benda apa saja yang ada.

  1. Desain interior kantor dengan tema coastal

Coastal style dapat juga disebut dengan nautical. Coastal identik dengan nuansa pantai. yang berhubungan dengan matahari, pasir dan ombak yng menjadi inspirasi dari gaya desain interior coaltal ini. Desain interior coastal adalah desain yang menggunakan gaya penataan yang mengadopsi suasana pantai dan laut. Ciri khas yang dapat anda kenali dari desain interior coastal yaitu :

– menggunakan dominasi warna putih

salah satu ciri khas desain interior coastal yang paling mudah dikenali adalah dengan dominasi dinding berwarnaputih. Warna putih akan membuat interior ruangan terkesan lebih cerah dan ruangan akan terasa lebih luas.

– Melengakapi ruangan dengan jendela -jendela besar

Biasanya desain interior coastal  juga membuat ruangan menjadi lebih terang dan terbuka. pleh karenaitu rumah anda harus dielngkapi dengan jendela-jendela besar supaya angin dan sinar matari dapat masuk secara maksinal.

  1. Desain interior kantor dengan tema Industrial

Desain kantor dengan bertema industrial style di dalamnya menggunakan campuran material yang masih mentah. Dengan beberapa ciri khasnya menggunakan dinding unfinised dan langit – langit tinggi.

  1. Desain interior kantor dengan tema vintage

Vintage dalam dunia desain interior adalah penggunaan beragam elemen dan unsur – unsur desain serta dekorasi – dekorasi atau bahkan furnitur yang sempat populer atau banyak digunakan pada era 1950an, 1960an hingga 1970an.

Konsep yang satu ini dapat mewakili model kuno yang biasanya memakai perabotan yang sudah berusia puluhan tahun tetai masih terlihat kokoh dan baik. Dengan desain bergaya vintage ini diisi oleh barang-barang antik dan klasik lainnya